A.
PENDAHULUAN
Sekolah menengah pertama merupakan sekolah formal yang
memberikan ilmu pengetahuan dasar dan bekal untuk pendidikan selanjutnya.
Pendidikan tersebut meliputi Pandidikan Agama, Matematika dan Ilmu pengetahuan alam, pengetahuan sosial, bahasa,
keterampilan, seni, dan pendidikan jasmani. Sehingga dengan demikian, dapat
membantu dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi peserta didik (tadik).
Melalui KBM,
tadikditransfer ilmu pengetahuan secara teori dan praktek. Selain itu,
juga mereka dididik oleh guru yang menyangkut budi pekerti dan kepribadian.
Itulah tugas guru yang lebih berat sebetulnya yaitu mendidik, karena mendidik
tidak hanya sebatas transfer ilmu tetapi harus membimbing tadik melalui
keteladanan dan uswah (contoh) yang berkesinambungan.
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memberikan peluang dan kesempatan kepada tadik
untuk memperoleh wawasan yang lebih luas; tidak hanya memperoleh pengajaran dan
pendidikan, tetapi juga tadik memperoleh pengetahuan tambahan melalui kegiatan
ekstra kurikuler dan pengembangan diri. Tujuannya adalah agar tadik memperoleh
pengalaman langsung terjun di dunia nyata dan untuk menggali potensi dan bakat
yang dimilikinya.Melalui program pengembangan diri, tadik akan dikembangkan dan
diasah kemampuannya sesuai dengan keadaan minat dan bakatnya. Oleh karena itu,
kegiatan pengembangan diri sangat penting keberadaannya dalam organisasi
sekolah.
Karya Ilmiah
Remaja (KIR) SMP Negeri 1 Cimaung, merupakan salah satu pengembangan diri yang
merupakan kolaborasi dari empat mata pelajaran, yaitu Ilmu pengetahuan Alam
(IPA), Matematika, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan Pendidikan
Lingkungan Hidup (PLH)
Program
pengembangan diri KIR pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan dan
mewujudkan nilai-nilai keterampilan proses Ilmiah berbasis teknologi modern, baik
di sekolah maupun di lingkungan rumahnya. Melalui kegiatan ini pula
mudah-mudahan dapat meningkatkan kemampuan tadik secara kognitif, afektif, dan
psikomotorik.
Mengingat
pentingnya hal tersebut, kami guru-guru mata pelajaran tersebut di
atas,berharap agar program kegiatan KIR dapat berjalan dan mendapat dukungan
dari semua pihak. Mudah-mudahan dengan adanya KIR ini dapat memberikan warna
baru bagi pengembangan dan kemajuan sekolah yang kita cintai; SMP Negeri 1
Cimaung, amin.
B.
LANDASAN PEMIKIRAN
1.
Pancasila dan Undang-undang Dasar
1945, Pasal 31 mengenai Pendidikan Nasional
2.
Kurikulum tingkat satuan Pendidikan
(KTSP) tentang program pengembangan diri siwa
3.
Visi SMP
Negeri 1 Cimaung: “Menjadikan SMP Negeri 1
Cimaung BERIMAN; Berprestasi, Religius, Inovatif, dan Mandiri”
4.
Hasil musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA SMP Negeri 1
Cimaung, pada hari Kamis, tangggal 22Januari 2010 M.
5.
Surat Keputusan Kepala Sekolah
tentang pendirian KIR SMP Negeri 1 Cimaung.
C.
SEKILAS
MENGENAI KIR
1. Tentang
Nama
Karya Ilmiah Remaja atau disingkat
KIR SMP Negeri 1 Cimaung merupakan organisasi intra sekolah yang baru didirikan
dan berkiprah pada tahun ajaran 2010/2011.
Dibeberapa sekolah KIR merupakan
singkatan dari Kegiatan Ilmiah Remaja. Ada juga yang menamainya dengan
istilah PIR atau program Ilmiah Remaja. Perbedaan istilah tersebut pada
dasarnya berorientasi pada prioritas dari penekanan aktivitasnya. Adapun KIR
SMP Negeri 1 Cimaunglebih menekankan pada pembuatan produk-produk (karya)
ilmiah yang bersesuaian dengan mata pelajaran Matematika dan sains dengan
bantuan media teknologi modern. Oleh karena itu KIR menuntun siswa untuk mampu
berkarya, menerpakan teori-teori yang sudah diperoleh lewat KBM dan
mengembangkannya berdasarkan potensi sumberdaya alam yang ada. Hal inilah yang
diharapkan menjadi jalan agar tadik memiliki keahlian (life skill) yang
bermanfaat dikehidupannya kelak.
KIR SMP Negeri 1 Cimaung merupakan
organisasi yang terbuka bagi seluruh tadik SMP Negeri 1 Cimaung, kelas VII,
VIII, dan kelas IX.
2. Visi
dan misi
KIR SMP Negeri 1
Cimaung memiliki visi, yaitu “Mewujudkan nilai-nilai keterampilan proses sains dalam
kehidupan sehari-hari”.
Adapun misi dari
kegiatan ini adalah:
a. Menjadikan
kampus SMP Negeri 1 Cimaung yang bersih, indah,
dan sehat.
b. Menjadikan
kampus SMP Negeri 1 Cimaung sebagai Laboratorium alam.
c. Meningkatkan
wawasan pengetahuan lingkungan siswa.
d. Menghasilkan
produk sains dan matematika.
e. Memberikan keterampilan hidup (lifeskill) pada
siswa melalui keterampilan proses sains.
f. Memberian
bimbingan dan pelajaran tambahan (pengayaan) kepada siswa untuk menghadapi
perlombaan sains (Fisika, Kimia, Biologi), Astronomi dan matematika.
3.
Logo
KIR SMP Negeri 1 Cimaung
Logo tersebut pada dasarnya
merupakansebuah singkatan KIR, yang dibuat dari kombinasi beberapa simbol
gambar, yaitu Lup, ball point, arah navigasi, dan langkah kaki.Lup (suryakanta)
berfungsi untuk melakukan pengamatan objek yang kecil, Ball point berfungsi
untuk menulis segala ide dan gagasan, arahnavigasi berfungsi sebagai penunjuk
arah tujuan, dan gerak langkah kaki untuk menunjukan dinamisasi tidak statis
selalu ingin bergerak berkeliling dunia.
Bentuk dasar logo tersebut adalah
elips persis seperti telur, yang berarti menjadi bibit, atau benih penetasan
kreatifitas dan ide-ide ilmiah untuk diwujudkan dalam produk/ karya nyata
Animsi dari logo tersebut tanpa warna
(transparan), sehingga jika di cetak pada kain berwarna biru, maka tentu
animasi tersebut akan berwarna biru, maka hal tersebut menjadi simbl sebuah
adaptasi; peserta KIR dituntut untuk beradaptasi dimanapun berada sesuai dengan
tuntutan jaman.
Logo tersebut memuat identitas
sekolah dengan tinta warna hitam. Animasi ditulis dalam tanpa tinta dengan
dasar hijau, yang menunjukkan pokok pijakan pada lingkungan hidup.
4. Bendera
Bendera KIR SMP
Negeri 1 Cimaung berwarna dasar Jingga, dengan logo berwarna hijau dan tulisan
hitam.
D. PESERTA/ ANGGOTA
Peserta adalah
seluruh siswa SMP Negeri 1 Cimaung yang masih aktif, terutama kelas VII, VIII
dan kelas IX
Adapun sifat keanggotaan bersifat terbuka bagi seluruh siswa
SMP Negeri 1 Cimaung.
E.
JENIS KEGIATAN DAN SILABUS
KEGIATAN
Jenis kegiatan meliputi
kegiatan-kegiatan pengembangan dan penerapan nilai-nilai keterampilan proses sains.
Keterampilan proses sains merupakan
keterampilan intelektual yang dimiliki dan digunakan oleh para ilmuwan dalam
meneliti fenomena alam. Nilai keterampilan proses sains tersebut meliputi: keterampilan dalam mengamati,
mengklasifikasikan, menafsirkan, memprediksikan, menerapkan, merencanakan
penelitian, dan keterampilan berkomunikasi secara ilmiah.
Jenis kegiatan KIR SMP Negeri 1
Cimaung meliputi:
1. Penghijauan,
bertujuan untuk memperindah dan mempercantik lingkungan SMP Negeri 1 Cimaung,
diantaranya pembuatan tulisan SMPN 1 CIMAUNG dengan tanaman (misalnya; bidara,
kriminil).
2. Pembuatan
Laboratorium alam dan apotik hidup
3. Pembuatan
Karya Ilmiah/ produk ilmiah, seperti pembuatan Kamus Biologi, Pengumpulan Rumus
Fisika, membuat artikel ilmiah, praktek membuat alat penjernih air,
4. Praktek
kecakapan hidup (Life skill), yaitu mengaplikasikan beberapa contoh
penerapan Bioteknologi sederhana. Seperti praktek membuat yoghurt, tape, tempe
dll.
5. Observasi
lingkungan / praktek lingkungan, misalnya mengobservasi berbgai ekosistem;
swah, hutan, sungai, dll.
6. Menggunakan
internet untuk mencari berbagai informasi penting yang relevan
7. Menggunakan
internet sebagai media informasi, komunikasi, dan publikasi. Diantaranya
melalui pembuatan situs blog KIR SMP Negeri 1 Cimaung.
8. Bimbingan
dan pengayaan materi pelajaran, terutama mata pelajaran matematika, IPA, dan
Internet. Bertujuan untuk mempersiapkan siswa yang akan ikut olimpiade sains
dan matematika.
9. Lomba
cerdas cermat sains-teknologi (saintek) dan Matematika
10. Piket
kebersihan Laboratorium IPA
Untuk
mewujudkan tujuan tersebut maka kami susun silabus kegiatan KIR, terlampir pada
lampiran 1.
F.
WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan dilaksanakan sekali dalam seminggu (rutin) dan bertempat di
lingkungan kampus SMP Negeri 1 Cimaung.Selain itu
kegiatan bisa dilaksanakan melalui observasi ke tempat tertentu yang diperlukan sesuai dengan tema pelajaran.
Pelaksanaan dilaksanakan pada setiap hari kamis dan atau
sabtu. Dengan rincian sebagai berikut:
Kelas
|
Waktu
|
Instrutur / Pembimbing
|
VII (sif siang)
|
Setiap Sabtu
pukul 14.00 WIB
|
Ai
Soleha, S.Pd dan Wina Fanduwinata, S.Pd
|
VII
dan VIII (sif pagi)
|
Setiap Kamispukul 12.00-14.00 WIB
|
Yuyu
Wahyudin, S.Pd dan Ela Nurhaelani, S.Pd
|
IX
|
Setiap Kamis pukul 12.00-14.00 WIB
|
Ida
Idawati, S.Pd dan Yulianingsih, S.Pd
|
Untuk kegiatan-kegiatan tertentu, misalnya observasi
lingkungan akan dilaksanakan pada hari
ahad
atau hari-hari tertentu yang ditentukan kemudian.
G. ANGGARAN DANA
Untuk menjamin kelangsungan dan kelancaran program
kegiatan yang direncanakan tentu saja harus didukung dengan adanya keuangan.
Adapaun keuangan organisasi diperoleh dari:
1.
Iuran anggota (Swadaya),
2.
Bantuan/ subsidi dari sekolah,
3.
Bantuan dari pihak lain yang tidak mengikat.
4.
Penjualan produk unggulan
Keuangan tersebut
diperlukan diantaranya untuk operasional kegiatan, seperti konsumsi dan transpor
instruktur dan pembelian bahan atau alat yang diperlukan.
Adapun mengenai rancangan anggaran keuangan terlampir pada lampiran 2.
H.
SUSUNAN PENGURUS
KIR SMP Negeri 1
Cimaung berada di bawah pembinaan OSIS SMP Negeri 1 Cimaung. Oleh sebab itu
setiap kebijakan akan mengacu dan mendukung penuh kegiatan dan program OSIS.
Kepengurusan
akan dibentuk kemudian. Tetapi secara garis besar kepengurusan terdiri atas
ketua, sekretaris, dan bendahara, serta anggota.
Mengenai garis
hirarki kepengurusan
KIR SMP Negeri 1 Cimaung terlampir pada lampiran
3.
I.
PENUTUP
Demikian Program KerjaKarya Ilmiah Remaja SMP Negeri 1 Cimaung ini kami susun agar dapat ditindaklanjuti.
Besar harapan kami, program kegiatan KIR SMP Negeri 1
Cimaung ini mendapat apresisasi dan respon positif dari semua pihak
terutama pihak sekolah. Sehingga kami dpaat menyelenggarakan kegiatan sesuai
dengan program ini.
Atas segala perhatian dan kerjasamanya, kami haturkan terima
kasih. Teriring doa:
جزاكم الله خيرا كثيرا
الله ياخذ بايدينا الي ما فيه خير للاسلام والمسلمين
Cimaung, 4 Agustus 2010
Pjs Ketua Pembina Sekretaris
Ida Idawati, S. Pd Yuyu
Wahyudin, S. Pd
NIP. 19740915 200701 2 011 NIP.
19810517 200604 1 005
Mengetahui
PKS Kesiswaan Pembina Osis
Nandang Aceng R., S.Pd Ento, S.Pd,
M. MPd
NIP.19661115
199103 1 004 NIP.
19670417 199903 1 002
Mengesahkan
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cimaung
Dra. Dewi Rostika, M. MPd
NIP. 19580512198101
2 003
Lampiran
1: Program dan Silabus Kegiatan
RINCIAN PROGRAM KEGIATAN KIR SMPN 1 CIMAUNG
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Tema
|
Sasaran
(kelas)
|
Periodisasi
|
Alokasi
waktu
|
1
|
Penghijauan
|
1. Penanaman
tanaman hias
|
VII
|
1 tahun sekali
|
Semester 1
|
2. Pengklasifiasian
tanaman dan pemberian label tanaman di lingungan sekolah
|
VII
|
1 kali
|
Semester 1
|
||
3. Pembuatan
tulisan dengan tanaman
|
VIII
|
1 kali
|
Semester 1
|
||
2.
|
Laboratorium
Alam dan apotik hidup
|
1.
Pengumpulan tanaman
|
VII, VIII, IX
|
1 tahun sekali
|
Semester 1
|
2.
Menanam tanaman hias/
obatan-obatan
|
VIII
|
1 tahun sekali
|
Semester 1
|
||
3.
Perawatan dan pemeliharaan
|
VII dan VIII
|
Perminggu
|
Kontinu
|
||
3
|
Pembuatan
produk ilmiah
|
a.
Penyusunan kamus Biologi SMP
|
IX
|
1 tahun sekali
|
Semester 2
|
b.
Pengumpulan dan penyusunan
Rumus-rumus Fisika
|
VIII
|
1 tahun sekali
|
Semester 2
|
||
c.
Pembuatan alat penjernih
air(demo)
|
VIII
|
1 tahun sekali
|
Semester 2
|
||
d.
Membuat obat anti
nyamuk(demo)
|
VIII
|
1 tahun sekali
|
Semseter 2
|
||
4
|
Life
skill (Bioteknologi sederhana
|
1.
Yoghurt
|
IX
|
1 tahun sekali
|
Semester 1
|
2.
Tape singkong
|
IX
|
1 tahun sekali
|
Semester 1
|
||
3.
Nata de coco
|
IX
|
1 tahun sekali
|
Semester 1
|
||
5
|
Observasi
alam
|
Mengenal
lebih dekat alam (ekosistem)
|
VII, VIII, IX
|
1 tahun 2 kali
|
Semester 1 dan 2
|
6
|
Internet
|
a.
Pembuatan e-mail dan Blog KIR
|
IX
|
1 kali
|
Semester 1
|
b.
Pencarian artikel lewat
internet
|
IX
|
-
|
Kontinu
|
||
7
|
Pengayaan
dan Bimbingan (Les)
|
1.
Bimbingan tadik pada kegiatan
Olimpiade sains dan matematika
|
VIII
|
-
|
Semester 1
|
2.
Les
|
VII, VIII, IX
|
Jika ada
|
|||
8
|
Lomba
cerdas cermat IPA dan Matematika
|
Antar kelas atau Antar SD/ MI
|
VII, VIII, IX
|
1 tahun sekali
|
Akhir semester 1
|
9
|
Piket
kebersihan
|
1.
Lingkungan sekolah
|
VII, VIII, IX
|
Kontinu
|
|
2.
LAB IPA / TIK
|
VII, VIII, IX
|
Kontinu
|
SILABUS KEGIATAN KARYA ILMIAH REMAJA (KIR) SMP NEGERI 1 CIMAUNG
Semes
ter
|
Kelas
|
Tema
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pembelajaran
|
Keterangan
|
1
|
VII
|
Peghijauan
|
Melakukan penanaman dan penghijauan
|
1.
Menginventarisir dan mengklasifikasikan tumbuhan yang sudah
terdapat di Kampus SMP Negeri 1 Cimaung
2.
Pemberian label pada tumbuhan/ tanaman yang sudah ada di
lingkungan sekolah
3.
Penanaman tumbuhan baru yang belum ada dan diperlukan
4.
Penataan tanaman dan pembuatan identitas sekolah dengan
tanaman
5.
Pemeliharaan dan perawatan tanaman
|
Nama dengan menggunakan dua bahasa; Indonesia dan
ilmiah.
Pembuatan
aptik hidup dan lab. Alam.
Dengan
tanaman bidara atau kriminil
|
VIII
|
|||||
2
|
VII
|
Menjaga kebersihan
|
Mengolah Sampah
|
1.
Pemisahan sampah berdasarkan jenisnya: sampah organik,
anorganik, dan sampah berbahaya
2.
Daur ulang kertas
3.
Daur ulang sampah plastik
4.
Memusnahkan sampah
|
Aplikasi
dari ikrar hidup bersih
|
1 dan 2
|
VII-IX
|
Observasi lingkungan
|
Pengamatan ekologi di lingkungan luar sekolah
|
1.
Menjelaskan tentang jenis-jenis ekosistem
2.
Pengenalan flora dan fauna
3.
Penyegaran dan olah raga
|
Belajar
sambil hiburan
|
Semes
ter
|
Kelas
|
Tema
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pembelajaran
|
Keterangan
|
1
|
VIII
|
Menjernihkan air
|
Menjernihkan air dengan alat sederhana
|
1.
Membuat alat filtrasi
2.
Memperagakan proses destilasi.
|
|
2
|
VIII
|
Membuat produk IPA sederhana
|
Membuat
alat pembelajaran sederhana
|
1. Membuat
charta sistem pencernaan, sistem pernapasan, dan sistem
gerak.
2. Membuat
manometer/ pesawat hartl
|
|
1
|
IX
|
karya
ilmiah
|
Membuat
produk Ilmiah yang berhubungan dengan sain teknlogi dan lingkungan hidup
sekitarnya
|
1. Menyusun
tulisan / karya ilmiah/ kliping tentang lingkungan hidup
2. Menyusun
kamus IPA;
Kamus Fisika dan Kamus Biologi
3. Kampanye
mengenai lingkungan hidup, melalui tulisan di majalah dinding, di internet
4.
|
Memanfaatkan
mading dan
internet sebagai media komunikasi
|
1
|
IX
|
Bioteknologi
|
pembuatan
makanan hasil bioteknologi
|
1. Membuat
tape singkong
2. Membuat
yoghurt
3. Membuat
nata de coco
|
|
1
|
VIII/ IX
|
Internet
|
Pemanfaatan
internet
|
1. Megumpulkan
berbagai informasi dari media cetak, elektronik, dan internet yang
berhubungan dengan lingkungan
2. Pembuatan
e-mail dan blog KIR SMP Negeri 1 Ciamung
|
Lampiran
2 : Anggaran Keuangan KIR SMP Negeri 1 Cimaung untuk
Tahun
Pelajaran 2010 / 2011
No.
|
Uraian
|
Intensitas
|
Volume
|
Estimasi biaya / tahun
|
1
|
Transport dan konsumsi
intruktur(6 orang)
|
Mingguan
|
Rp. 60.000
|
Rp.
1.200.000
|
2
|
Membeli perlengkapan bercocok
tanam
|
1
kali
|
-
|
Rp.
200.000
|
3
|
Pembelian
bibit tanaman hias/ bibit unggul
|
Persemester
|
Rp.100.000
|
Rp. 300.000
|
4
|
Biaya
praktek bioteknologi
|
Persemester
|
Rp.250.000
|
Rp.
500.000
|
5
|
Observasi
lapangan
|
Persemester
|
Rp.250.000
|
Rp.
500.000
|
6
|
Biaya
operasional organisasi
|
-
|
-
|
Rp. 500.000
|
Jumlah
|
Rp.
3.200.000
|
Lampiran 3:Organigram KIR SMP Negeri 1 Cimaung
PENANGGUNG JAWAB
KEPALA SEKOLAH SMP NEGERI 1 CIMAUNG
|
PENASEHAT:
1.
PKS KESISWAAN
2.
PEMBINA OSIS
|
BENDAHARA
|
SEKRETARIS
|
KETUA PEMBINA KIR
|
Musyawarah Umum (Musyum)
|
DEWAN PEMBINA
|
Ketua KIR SMPN 1 Ciamung
|
Divisi-divisi
|
PESERTA/ ANGGOTA
|
Lampiran 3:
Susunan Pengurus KIR SMP Negeri 1 Cimaung Periode
2010-2011
Ketua :
Wk. Ketua :
Sekretaris :
Wk. Sekretaris :
Bendahara :
Wk. Bendahara :
Divisi-divisi:
1. Kaderisasi : 1.
2.
2. Adiministrasi
: 1.
2.
3. Litbang :
1.
2.
4. Pertanaman
dan penghijauan : 1.
2.
5. Humas
dan Publikasi
Internal :
1.
2.
Eksternal
:
1.
2.
6. Koordinator
kelas:
Kelas VII :
Kelas VIII :
Kelas IX :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar