Rabu, 16 Mei 2012

Proposal Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMPN1 Cimaung.


A.   PENDAHULUAN
Sekolah menengah pertama merupakan sekolah formal yang memberikan ilmu pengetahuan dasar dan bekal untuk pendidikan selanjutnya. Pendidikan tersebut meliputi Pandidikan Agama, Matematika dan Ilmu pengetahuan alam, pengetahuan sosial, bahasa, keterampilan, seni, dan pendidikan jasmani. Sehingga dengan demikian, dapat membantu dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi peserta didik (tadik).
Melalui KBM, tadikditransfer ilmu pengetahuan secara teori dan praktek. Selain itu, juga mereka dididik oleh guru yang menyangkut budi pekerti dan kepribadian. Itulah tugas guru yang lebih berat sebetulnya yaitu mendidik, karena mendidik tidak hanya sebatas transfer ilmu tetapi harus membimbing tadik melalui keteladanan dan uswah (contoh) yang berkesinambungan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memberikan peluang dan kesempatan kepada tadik untuk memperoleh wawasan yang lebih luas; tidak hanya memperoleh pengajaran dan pendidikan, tetapi juga tadik memperoleh pengetahuan tambahan melalui kegiatan ekstra kurikuler dan pengembangan diri. Tujuannya adalah agar tadik memperoleh pengalaman langsung terjun di dunia nyata dan untuk menggali potensi dan bakat yang dimilikinya.Melalui program pengembangan diri, tadik akan dikembangkan dan diasah kemampuannya sesuai dengan keadaan minat dan bakatnya. Oleh karena itu, kegiatan pengembangan diri sangat penting keberadaannya dalam organisasi sekolah.
Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMP Negeri 1 Cimaung, merupakan salah satu pengembangan diri yang merupakan kolaborasi dari empat mata pelajaran, yaitu Ilmu pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)  
Program pengembangan diri KIR pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan dan mewujudkan nilai-nilai keterampilan proses Ilmiah berbasis teknologi modern, baik di sekolah maupun di lingkungan rumahnya. Melalui kegiatan ini pula mudah-mudahan dapat meningkatkan kemampuan tadik secara kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Mengingat pentingnya hal tersebut, kami guru-guru mata pelajaran tersebut di atas,berharap agar program kegiatan KIR dapat berjalan dan mendapat dukungan dari semua pihak. Mudah-mudahan dengan adanya KIR ini dapat memberikan warna baru bagi pengembangan dan kemajuan sekolah yang kita cintai; SMP Negeri 1 Cimaung, amin.



B. LANDASAN PEMIKIRAN
1.  Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, Pasal 31 mengenai Pendidikan Nasional
2.  Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) tentang program pengembangan diri siwa
3.  Visi SMP Negeri 1 Cimaung: “Menjadikan SMP Negeri 1 Cimaung BERIMAN; Berprestasi, Religius, Inovatif, dan Mandiri”
4.  Hasil musyawarah guru  mata pelajaran (MGMP) IPA SMP Negeri 1 Cimaung, pada hari Kamis, tangggal 22Januari 2010 M.
5.  Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang pendirian KIR SMP Negeri 1 Cimaung.

C. SEKILAS MENGENAI KIR
1.   Tentang Nama
Karya Ilmiah Remaja atau disingkat KIR SMP Negeri 1 Cimaung merupakan organisasi intra sekolah yang baru didirikan dan berkiprah pada tahun ajaran 2010/2011.
Dibeberapa sekolah KIR merupakan singkatan dari Kegiatan Ilmiah Remaja. Ada juga yang menamainya dengan istilah PIR atau program Ilmiah Remaja. Perbedaan istilah tersebut pada dasarnya berorientasi pada prioritas dari penekanan aktivitasnya. Adapun KIR SMP Negeri 1 Cimaunglebih menekankan pada pembuatan produk-produk (karya) ilmiah yang bersesuaian dengan mata pelajaran Matematika dan sains dengan bantuan media teknologi modern. Oleh karena itu KIR menuntun siswa untuk mampu berkarya, menerpakan teori-teori yang sudah diperoleh lewat KBM dan mengembangkannya berdasarkan potensi sumberdaya alam yang ada. Hal inilah yang diharapkan menjadi jalan agar tadik memiliki keahlian (life skill) yang bermanfaat dikehidupannya kelak.
KIR SMP Negeri 1 Cimaung merupakan organisasi yang terbuka bagi seluruh tadik SMP Negeri 1 Cimaung, kelas VII, VIII, dan kelas IX.

2.   Visi dan misi
KIR SMP Negeri 1 Cimaung memiliki visi, yaitu “Mewujudkan nilai-nilai keterampilan proses sains dalam kehidupan sehari-hari”.
Adapun misi dari kegiatan ini adalah:
a.   Menjadikan kampus SMP Negeri 1 Cimaung yang bersih, indah,  dan sehat.
b.   Menjadikan kampus SMP Negeri 1 Cimaung sebagai Laboratorium alam.
c.    Meningkatkan wawasan pengetahuan lingkungan siswa.
d.   Menghasilkan produk sains dan matematika.
e.   Memberikan keterampilan hidup (lifeskill) pada siswa melalui keterampilan proses sains.
f.     Memberian bimbingan dan pelajaran tambahan (pengayaan) kepada siswa untuk menghadapi perlombaan sains (Fisika, Kimia, Biologi), Astronomi dan matematika.

3.   Logo KIR SMP Negeri 1 Cimaung



Logo tersebut pada dasarnya merupakansebuah singkatan KIR, yang dibuat dari kombinasi beberapa simbol gambar, yaitu Lup, ball point, arah navigasi, dan langkah kaki.Lup (suryakanta) berfungsi untuk melakukan pengamatan objek yang kecil, Ball point berfungsi untuk menulis segala ide dan gagasan, arahnavigasi berfungsi sebagai penunjuk arah tujuan, dan gerak langkah kaki untuk menunjukan dinamisasi tidak statis selalu ingin bergerak berkeliling dunia.
Bentuk dasar logo tersebut adalah elips persis seperti telur, yang berarti menjadi bibit, atau benih penetasan kreatifitas dan ide-ide ilmiah untuk diwujudkan dalam produk/ karya nyata
Animsi dari logo tersebut tanpa warna (transparan), sehingga jika di cetak pada kain berwarna biru, maka tentu animasi tersebut akan berwarna biru, maka hal tersebut menjadi simbl sebuah adaptasi; peserta KIR dituntut untuk beradaptasi dimanapun berada sesuai dengan tuntutan jaman.
Logo tersebut memuat identitas sekolah dengan tinta warna hitam. Animasi ditulis dalam tanpa tinta dengan dasar hijau, yang menunjukkan pokok pijakan pada lingkungan hidup.

4.   Bendera






Bendera KIR SMP Negeri 1 Cimaung berwarna dasar Jingga, dengan logo berwarna hijau dan tulisan hitam.

D. PESERTA/ ANGGOTA
Peserta adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Cimaung yang masih aktif, terutama kelas VII, VIII dan kelas IX
Adapun sifat keanggotaan bersifat terbuka bagi seluruh siswa SMP Negeri 1 Cimaung.

E.  JENIS KEGIATAN DAN SILABUS KEGIATAN
Jenis kegiatan meliputi kegiatan-kegiatan pengembangan dan penerapan nilai-nilai keterampilan proses sains.
Keterampilan proses sains merupakan keterampilan intelektual yang dimiliki dan digunakan oleh para ilmuwan dalam meneliti fenomena alam. Nilai keterampilan proses sains tersebut meliputi:  keterampilan dalam mengamati, mengklasifikasikan, menafsirkan, memprediksikan, menerapkan, merencanakan penelitian, dan keterampilan berkomunikasi secara ilmiah.
Jenis kegiatan KIR SMP Negeri 1 Cimaung meliputi:
1.    Penghijauan, bertujuan untuk memperindah dan mempercantik lingkungan SMP Negeri 1 Cimaung, diantaranya pembuatan tulisan SMPN 1 CIMAUNG dengan tanaman (misalnya; bidara, kriminil).
2.    Pembuatan Laboratorium alam dan apotik hidup
3.    Pembuatan Karya Ilmiah/ produk ilmiah, seperti pembuatan Kamus Biologi, Pengumpulan Rumus Fisika, membuat artikel ilmiah, praktek membuat alat penjernih air,
4.    Praktek kecakapan hidup (Life skill), yaitu mengaplikasikan beberapa contoh penerapan Bioteknologi sederhana. Seperti praktek membuat yoghurt, tape, tempe dll.
5.    Observasi lingkungan / praktek lingkungan, misalnya mengobservasi berbgai ekosistem; swah, hutan, sungai, dll.
6.    Menggunakan internet untuk mencari berbagai informasi penting yang relevan
7.    Menggunakan internet sebagai media informasi, komunikasi, dan publikasi. Diantaranya melalui pembuatan situs blog KIR SMP Negeri 1 Cimaung.
8.    Bimbingan dan pengayaan materi pelajaran, terutama mata pelajaran matematika, IPA, dan Internet. Bertujuan untuk mempersiapkan siswa yang akan ikut olimpiade sains dan matematika.
9.    Lomba cerdas cermat sains-teknologi (saintek) dan Matematika
10. Piket kebersihan Laboratorium IPA

Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka kami susun silabus kegiatan KIR, terlampir pada lampiran 1.

F.  WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan dilaksanakan sekali dalam seminggu (rutin) dan bertempat di lingkungan kampus SMP Negeri 1 Cimaung.Selain itu kegiatan bisa dilaksanakan melalui observasi ke tempat tertentu yang diperlukan sesuai dengan tema pelajaran.
Pelaksanaan dilaksanakan pada setiap hari kamis dan atau sabtu. Dengan rincian sebagai berikut:

Kelas
Waktu
Instrutur / Pembimbing
VII (sif siang)
Setiap Sabtu
pukul 14.00 WIB
Ai Soleha, S.Pd dan Wina Fanduwinata, S.Pd
VII dan VIII  (sif pagi)
Setiap Kamispukul 12.00-14.00 WIB
Yuyu Wahyudin, S.Pd dan Ela Nurhaelani, S.Pd
IX
Setiap Kamis pukul 12.00-14.00 WIB
Ida Idawati, S.Pd dan Yulianingsih, S.Pd

Untuk kegiatan-kegiatan tertentu, misalnya observasi lingkungan  akan dilaksanakan pada hari ahad atau hari-hari tertentu yang ditentukan kemudian.

G.  ANGGARAN DANA
Untuk menjamin kelangsungan dan kelancaran program kegiatan yang direncanakan tentu saja harus didukung dengan adanya keuangan. Adapaun keuangan organisasi diperoleh dari:
1.     Iuran anggota (Swadaya),
2.     Bantuan/ subsidi dari sekolah,
3.     Bantuan dari pihak lain yang tidak mengikat.
4.     Penjualan produk unggulan
Keuangan  tersebut diperlukan diantaranya untuk operasional kegiatan, seperti konsumsi dan transpor instruktur dan pembelian bahan atau alat yang diperlukan.
Adapun mengenai rancangan anggaran keuangan terlampir pada lampiran 2.


H. SUSUNAN PENGURUS
KIR SMP Negeri 1 Cimaung berada di bawah pembinaan OSIS SMP Negeri 1 Cimaung. Oleh sebab itu setiap kebijakan akan mengacu dan mendukung penuh kegiatan dan program OSIS.
Kepengurusan akan dibentuk kemudian. Tetapi secara garis besar kepengurusan terdiri atas ketua, sekretaris, dan bendahara, serta anggota.
Mengenai garis hirarki kepengurusan KIR SMP Negeri 1 Cimaung terlampir pada lampiran 3.

I.     PENUTUP
Demikian Program KerjaKarya Ilmiah Remaja SMP Negeri 1 Cimaung ini kami susun agar dapat ditindaklanjuti.
Besar harapan kami, program kegiatan KIR SMP Negeri 1 Cimaung ini mendapat apresisasi dan respon positif dari semua pihak terutama pihak sekolah. Sehingga kami dpaat menyelenggarakan kegiatan sesuai dengan program ini.
Atas segala perhatian dan kerjasamanya, kami haturkan terima kasih. Teriring doa:

جزاكم الله خيرا كثيرا
الله ياخذ بايدينا الي ما فيه خير للاسلام والمسلمين


                                                           



         Cimaung, 4 Agustus 2010

Pjs Ketua Pembina                    Sekretaris


Ida Idawati, S. Pd                      Yuyu Wahyudin, S. Pd
NIP. 19740915 200701 2 011                   NIP. 19810517 200604 1 005



Mengetahui
      PKS Kesiswaan                              Pembina Osis



Nandang Aceng R., S.Pd                                Ento, S.Pd, M. MPd
NIP.19661115 199103 1 004                    NIP. 19670417 199903 1 002


                                                                                

Mengesahkan
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cimaung




Dra. Dewi Rostika, M. MPd
NIP. 19580512198101 2 003





Lampiran 1: Program dan Silabus Kegiatan

RINCIAN PROGRAM KEGIATAN KIR SMPN 1 CIMAUNG
No.
Jenis Kegiatan
Tema
Sasaran
(kelas)
Periodisasi
Alokasi
waktu
1
Penghijauan
1.  Penanaman tanaman hias
VII
1 tahun sekali
Semester 1
2.  Pengklasifiasian tanaman dan pemberian label tanaman di lingungan sekolah
VII
1 kali
Semester 1
3.  Pembuatan tulisan dengan tanaman
VIII
1 kali
Semester 1
2.
Laboratorium Alam dan apotik hidup
1.    Pengumpulan tanaman
VII, VIII, IX
1 tahun sekali
Semester 1
2.    Menanam tanaman hias/ obatan-obatan
VIII
1 tahun sekali
Semester 1
3.    Perawatan dan pemeliharaan
VII dan VIII
Perminggu
Kontinu
3
Pembuatan produk ilmiah
a.    Penyusunan kamus Biologi SMP
IX
1 tahun sekali
Semester 2
b.    Pengumpulan dan penyusunan Rumus-rumus Fisika
VIII
1 tahun sekali
Semester 2
c.    Pembuatan alat penjernih air(demo)
VIII
1 tahun sekali
Semester 2
d.    Membuat obat anti nyamuk(demo)
VIII
1 tahun sekali
Semseter 2


4
Life skill (Bioteknologi sederhana
1.    Yoghurt
IX
1 tahun sekali
Semester 1
2.    Tape singkong
IX
1 tahun sekali
Semester 1
3.    Nata de coco
IX
1 tahun sekali
Semester 1
5
Observasi alam
Mengenal lebih dekat alam (ekosistem)
VII, VIII, IX
1 tahun 2 kali
Semester 1 dan 2
6
Internet
a.    Pembuatan e-mail dan Blog KIR
IX
1 kali
Semester 1
b.    Pencarian artikel lewat internet
IX
-
Kontinu
7
Pengayaan dan Bimbingan (Les)
1.    Bimbingan tadik pada kegiatan Olimpiade sains dan matematika
VIII
-
Semester 1
2.    Les
VII, VIII, IX

Jika ada
8
Lomba cerdas cermat IPA dan Matematika
Antar kelas atau Antar SD/ MI
VII, VIII, IX
1 tahun sekali
Akhir semester 1
9
Piket kebersihan
1.    Lingkungan sekolah
VII, VIII, IX

Kontinu


2.    LAB IPA / TIK
VII, VIII, IX

Kontinu 
SILABUS KEGIATAN KARYA ILMIAH REMAJA (KIR) SMP NEGERI 1 CIMAUNG

Semes
ter
Kelas
Tema
Kompetensi Dasar
Indikator Pembelajaran
Keterangan
1
VII










Peghijauan
Melakukan penanaman dan penghijauan
1.    Menginventarisir dan mengklasifikasikan tumbuhan yang sudah terdapat di Kampus SMP Negeri 1 Cimaung
2.    Pemberian label pada tumbuhan/ tanaman yang sudah ada di lingkungan sekolah


3.    Penanaman tumbuhan baru yang belum ada dan diperlukan

4.    Penataan tanaman dan pembuatan identitas sekolah dengan tanaman

5.    Pemeliharaan dan perawatan tanaman



Nama dengan menggunakan dua bahasa; Indonesia dan ilmiah.
Pembuatan aptik hidup dan lab. Alam.
Dengan tanaman bidara atau kriminil
VIII
2
VII
Menjaga kebersihan
Mengolah Sampah
1.    Pemisahan sampah berdasarkan jenisnya: sampah organik, anorganik, dan sampah berbahaya
2.    Daur ulang kertas
3.    Daur ulang sampah plastik
4.    Memusnahkan sampah
Aplikasi dari ikrar hidup bersih
1 dan 2
VII-IX
Observasi lingkungan
Pengamatan ekologi di lingkungan luar sekolah
1.    Menjelaskan tentang jenis-jenis ekosistem
2.    Pengenalan flora dan fauna
3.    Penyegaran dan olah raga
Belajar sambil hiburan
Semes
ter
Kelas
Tema
Kompetensi Dasar
Indikator Pembelajaran
Keterangan
1
VIII
Menjernihkan air
Menjernihkan air dengan alat sederhana
1.    Membuat alat filtrasi
2.    Memperagakan proses destilasi.

2
VIII
Membuat produk IPA sederhana
Membuat alat pembelajaran sederhana
1.    Membuat charta sistem pencernaan, sistem pernapasan, dan sistem gerak.
2.    Membuat manometer/ pesawat hartl

1
IX
karya ilmiah
Membuat produk Ilmiah yang berhubungan dengan sain teknlogi dan lingkungan hidup sekitarnya
1.    Menyusun tulisan / karya ilmiah/ kliping tentang lingkungan hidup
2.    Menyusun kamus IPA;
Kamus Fisika dan Kamus Biologi
3.    Kampanye mengenai lingkungan hidup, melalui tulisan di majalah dinding, di internet
4.     
Memanfaatkan mading dan internet sebagai media komunikasi
1
IX
Bioteknologi
pembuatan makanan hasil bioteknologi
1.    Membuat tape singkong
2.    Membuat yoghurt
3.    Membuat nata de coco

1
VIII/ IX
Internet
Pemanfaatan internet
1.    Megumpulkan berbagai informasi dari media cetak, elektronik, dan internet yang berhubungan dengan lingkungan
2.    Pembuatan e-mail dan blog KIR SMP Negeri 1 Ciamung





Lampiran 2 : Anggaran Keuangan KIR SMP Negeri 1 Cimaung untuk 
Tahun Pelajaran 2010 / 2011


No.
Uraian
Intensitas
Volume
Estimasi biaya / tahun
1
Transport dan konsumsi intruktur(6 orang)
Mingguan
Rp. 60.000
Rp. 1.200.000
2
Membeli perlengkapan bercocok tanam
1 kali
-
Rp. 200.000
3
Pembelian bibit tanaman hias/ bibit unggul
Persemester
Rp.100.000
Rp.  300.000
4
Biaya praktek bioteknologi
Persemester
Rp.250.000
Rp.   500.000
5
Observasi lapangan
Persemester
Rp.250.000
Rp. 500.000
6
Biaya operasional  organisasi
-
-
Rp.   500.000
Jumlah

Rp. 3.200.000





Lampiran 3:Organigram KIR SMP Negeri 1 Cimaung


PENANGGUNG JAWAB
KEPALA SEKOLAH SMP NEGERI 1 CIMAUNG
PENASEHAT:
1.       PKS KESISWAAN
2.       PEMBINA OSIS

BENDAHARA
SEKRETARIS
KETUA PEMBINA KIR
Musyawarah Umum (Musyum)
DEWAN PEMBINA

Ketua KIR SMPN 1 Ciamung


Divisi-divisi
















PESERTA/ ANGGOTA

           




Lampiran 3:
Susunan Pengurus KIR SMP Negeri 1 Cimaung Periode 2010-2011

Ketua                                                 :

Wk. Ketua                                          :          

Sekretaris                                           :          
Wk. Sekretaris                                               :

Bendahara                                        :
Wk. Bendahara                                :

Divisi-divisi:
1.      Kaderisasi                                          : 1.
                                                              2.
                                   
2.      Adiministrasi                                      : 1.
  2.
3.      Litbang                                               : 1.
  2.

4.      Pertanaman dan penghijauan     : 1.
  2.

5.      Humas dan Publikasi                      
Internal                                               : 1.
                                                              2.
Eksternal                                            : 1.
                                                              2.

6.      Koordinator kelas:
Kelas VII                                             :
Kelas VIII                                             :
Kelas IX                                               :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar